Kamis, 22 Oktober 2015

ETIKA DAN ETIKET


Etika dan Etiket adalah hal yang menyangkut perilaku manusia. Tetapi Etika dan Etiket memiliki perbedaan juga. Etika berasal dari bahasa Yunani yaitu Ethos yang berarti wakta kebiasaan. Sedangkan Etiket berasal dari bahasa Perancis yaitu Etiquette yang berarti sopan santun. Didalam pekerjaan pun juga memiliki Etika dan Etiket. Karena pariwisata adalah bidang jasa jadi kita harus memiliki etika dan etiket.
Jika kita menjadi Tour Leader etika dan etiket harus diterapkan agar orang yang mendengarkan kita menjadi senang dan mendengarkannya tidak bosan. jika kita menjelaskan dengan males-malesan maka orang itu akan bosan dan malas untuk mendengarkannya. Dan jika dibandingkan kita bisa menjelaskannya dengan fun dan santai tanpa tegang sedikitpun maka pendengar pun senang mendengarkannya.
Mengapa etika dan etiket harus diterapkan dalam pekerjaan kita? karena dengan adanya etika orang lain bisa melihat kita di kehidupan atau kebiasaan kita. Karena jika kita menggunakan etika kita otomatis kita sama saja dengan menggunakan kebiasaan kita terhadap orang lain. dan jika kita mengeluarkan etika kita buruk maka orang lain bisa mengetahui bahwa kebiasaan kita buruk. Dan pastinya didalam sebuah pekerjaan kita harus hormat kepada siapa saja tidak hanya kepada bos kita tetapi kepada orang lain juga kita harus hormat.
Etiket didalam bidang jasa sangat harus diterapkan karena etiket adalah sikap sopan santun  kita. Jika kita tidak sopan terhadap orang lain maka orang lain tidak akan sopan juga kepada kita dan malahan menganggap kita rendah. Dan bagaimana jika kita sopan kepada orang? orang lain pastinya akan menghormati kita dan sopan kepada kita. Bahkan kita akan disenangi oleh orang lain. Sekian dari tulisan saya


THANK YOU 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar