Rabu, 07 Oktober 2015

Halo semuanya!! saya mau mereview lagi nih. Kali ini saya akan mereview tentang SELF DEVELOPMENT. Apa sih self development itu? Self Development adalah pengembangan diri bagaimana cara kita mengembangkan diri kita ke yang lebih baik. Tidak hanya untuk menjadi yang lebih baik aja tetapi Self Development dibuat juga untuk mengembangkan diri kita agar bisa berani untuk bersaing dengan negara lainnya. Bagaimana cara mengembangkan diri kita sendiri untuk berani? Pertama kita harus mengetahui apa sih nilai positif yang ada didalam diri kita dan nilai negatifnya juga. 
Misalkan seperti saya ini kelebihan saya adalah saya bisa berbaur dengan siapa aja dan saya juga terbuka aja sama orang yang mau ngobrol sama saya baik kenal maupun gak kenal. Tetapi selain itu saya punya kekurangan juga pastinya tidak ada orang yang tidak punya kekurangan. Kekurangan saya adalah saya adalah orang yang males, saya nakal banget orangnya iseng juga pasti sekali gak iseng rasanya gatel deh pasti dan saya kalo sekali udah kesel banget sama orang pasti saya diem deh. Setelah itu ada tahap ke dua yaitu teman kita disuruh untuk menuliskan kebaikan dan keburukan kita juga. Dalam teori Johari Window yang di perkenalkan oleh  Joseph Luth dan Henry Ingram adalah teori yang mencerminkan keterbukaan seseorang didalam masyarakat. Dan juga Johari Window memiliki 4 macam teori yaitu: Diri terbuka, diri terbuka adalah teori dimana kita dan teman kita mengetahui semua sifat-sifat kita. Diri buta adalah teori dimana orang lain mengetahui sifat-sifat kita sedangkan kita sendiri tidak mengetahui sifat kita yang diketahui oleh orang lain. Diri rahasia adalah teori dimana orang lain tidak mengetahui sifat kita dan hanya kita lah yang mengetahui sifat kita. Dan yang terakhir adalah diri gelap, diri gelap adalah teori dimana tidak ada satu orang pun yang mengetahui sifat-sifat kita. 
Setelah itu kita membuat kemana arah tujuan kita. Misalkan saya ingin menjadi Pemilik tour and travel sendiri. Setelah itu kalian tuliskan semua hambatan dan peluang yang kalian miliki dari tujuan yang kalian ingin capai. misalkan menurut saya hambatan saya adalah banyak orang yang lebih lihai dibandingkan saya dan peluang saya adalah saya berkuliah di STP Trisakti dan biasanya anak-anak STP Trisakti dipakai oleh tour and travel sebagai tour guide. lalu setelah itu satukan kekuatan dan kelemahan kita dengan peluang dan hambatan menjadi satu. Dan yang terakhir adalah melangkah maju dan mengukur proses kita adalah dengan mengatur pola waktu kita. Dengan mengatur pola waktu kita, kita tidak akan terburu-buru dikejar oleh waktu dan semua akan selesai pada waktu yang tepat. Sebenernya kalau menurut saya time management sangatlah penting dan juga kita harus pintar-pintar lihat peluang jika kita tidak memiliki pengalaman apa-apa maka pastinya kita tidak bisa bekerja di tingkat yang tinggi. Dan juga jika kita tidak mengasah skill kita terus menerus pastilah kita kalah dengan orang lain yang lebih bagus dari kita. Bagaikan pisau yang tidak diasah lama-lama akan menjadi tumpul sama saja seperti skill kita dan keterampilan yang kita punya jika tidak dilatih maka tidak akan jadi apa-apa. Janganlah buang-buang waktu kalian dengan sia-sia karena waktu tidak akan bisa mundur lagi. Jika waktu bisa mundur lagi saya juga mau jadi anak SMA aja santai-santai gausah kerja nanti tuanya. Tetapi waktu tidak bisa diundur lagi jadi kita harus bisa memikirkan masa depan kita dan jangan takut untuk bersaing. karena bisa kita lihat Indonesia masih memiliki sumber daya alam yang masih banyak sekali yang belum tersentuh oleh kita maka kita harus memanfaatkan itu dengan orang-orang kita ini. jangan mau kita disaingi oleh negara-negara yang tidak memiliki sumber daya alam yang lebih sedikit. kita harus membuat negara asing meminta sumber daya alam kepada kita bukan kita yang meminta kepada mereka padahal kita memiliki lebih banyak. Sekian tulisan saya semoga bermanfaat untuk kalian semua kedepannya. 




TERIMA KASIH 
 


 
                                 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar